Wednesday, May 19, 2021
Home > Literasi > Opini/esai > Kado Ultah dari Malaysia

Kado Ultah dari Malaysia

Tragedi terbaliknya pencetakan bendera merah putih
Rini Febriani Hauri
Rini Febriani Hauri, seorang perempuan yang bersembunyi di tubuh wanita. Pernah gagal memakai sepatu Lars di usia balita – penulis tidak benci dengan kegagalan.

Tragedi terbaliknya pencetakan bendera merah putih di halaman ke-80 dalam buku suvenir Sea Games ke-29 tahun 2017 yang dilakukan oleh Malaysia, mengisahkan kepiluan tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Bendera tersebut tercetak menjadi putih merah. Padahal, warna putih merah merupakan bendera negara Polandia. Apakah di mata Malaysia, Indonesia adalah Polandia?

Padahal, jika ditinjau dari letak geografis, Malaysia tidaklah jauh dari Indonesia. Bahkan negara Indonesia dan Malaysia masih berada dalam satu rumpun yang sama. Seharusnya, posisi inilah yang kemudian dipahami oleh pihak penyelenggara agar peka terhadap hal-hal yang sangat prinsipil. Ini sebuah keteledoran yang melukai hati rakyat Indonesia.

Atas insiden tersebut, Kemenlu Malaysia, Dato Sri Anifah Haji Arman, telah melayangkan permohonan maaf secara tertulis kepada pemerintah Indonesia. Ia sangat menyesalkan kesalahan yang tak disengaja itu. Dalam jumpa pers terkait masalah ini, di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur (20/8),  Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia, Khairy Jamaluddin,  duduk bersebelahan dengan Menpora Indonesia, Imam Nahrawi. Ia memohon maaf secara langsung kepada rakyat Indonesia dan menjelaskan kesilapan yang memang dilakukan oleh timnya. Khairy menjelaskan bahwa ke depan, timnya akan lebih menjunjung tinggi profesionalisme dan berhati-hati. Wajah Imam Nahrawi yang memerah dan keningnya yang beberapa kali mengerut  saat itu menunjukkan bahwa beliau memendam kekecewaan yang mendalam.

Lain pula dengan Wapres Indonesia, Jusuf Kalla (JK), beliau berharap setelah adanya kasus ini, hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia tetap akan berjalan baik. Jokowi pun telah memafkan pihak Malaysia sebab mereka telah meminta maaf. Jokowi juga mengimbau masyarakat Indonesia agar tidak reaksioner terhadap tragedi yang menimpa Indonesia.

Facebook Comments