Friday, April 26, 2024
Home > Dapur Puan > Kuliner > Sate Padang Vegetarian

Sate Padang Vegetarian

Sate Padang Vegetarian

Sate biasanya identik dengan daging hewan, terutama daging ayam atau kambing. Daging diiris kecil-kecil kemudian ditata ke dalam tusukan sate terbuat dari lidi atau bambu. Kemudian dibakar beserta bumbu pelengkap, dan dinikmati dengan olahan khas kuah kacang atau saus bersama potongan lontong, taburan bawang goreng dan acar.

Baca juga: Nasi Jamur Katsu Vegetarian

Namun, menu seperti itu tidak akan ditemukan ketika memesan sate padang di kantin Vegetarian Rajawali, sebuah kantin khusus bagi kaum pemilik gaya hidup vegetarian di daerah  Rajawali, Jambi Selatan, Kota Jambi. Sate padang di kantin ini tidak menggunakan bahan utama dari daging hewan, melainkan dari gluten yang diolah menyerupai daging.

Gluten adalah olahan tepung terigu berprotein tinggi. Proses pengolahan tepung terigu menjadi gluten lumayan panjang. Tepung terigu sebelum menjadi gluten diadon dengan air perlahan-lahan, kemudian didiamkan paling tidak selama setengah jam dan lebih bagus lagi hingga satu malam. Setelah didiamkan, adonan tersebut direndam dan dikucek-kucek hingga tinggal tersisa gluten atau saripati adonan yang menyerupai karet. Setelah gluten didapat, maka dapat diolah sesuai selera.

Baca juga: Pepes Jamur ala Burn Rice Café

Begitu diolah menjadi menu makanan vegetarian sebagai pengganti daging, tekstur gluten menyerupai daging asli. Bedanya gluten tidak alot, melainkan lebih empuk dan maknyus. Tentunya karena gluten berasal dari tepung protein tinggi, kandungan proteinnya tidak kalah dengan protein hewani. Meskipun demikian, tidak semua orang cocok mengonsumsi gluten, bahkan sebagian orang ada yang alergi saat mengonsumsi menu ini.

Sate padang vegetarian di kantin Vegetarian Rajawali disajikan bersama lontong dan saus sate khas Padang, dengan bumbu dasar penyedapnya dari bahan jamur. Selain itu juga dilengkapi dengan taburan kubis goreng yang diolah menyerupai bawang goreng. Kalau soal rasa, sate gluten ini tidak kalah dengan sate padang non vegetarian yang terbuat dari daging ayam atau sapi. Satu porsinya dibanderol Rp. 15.000. Jika Sahabat Puan ingin mencoba, selain bisa datang langsung ke lokasi, kantin Vegetarian Rajawali juga dapat ditemui diaplikasi go food.

Translate »