Wednesday, May 19, 2021
Home > Literasi > Opini/esai > Sambut Keberkahan Ramadan

Sambut Keberkahan Ramadan

Adakah kita merasa tak pernah melakukan salah dan dosa? Atau justru kita sadar tak satu hari pun bisa kita lalui bebas tanpa dosa? Sudah berapa banyak pahala dari amal saleh yang sudah kita lakukan? Berapa banyak hajat kita yang belum berhasil diraih?

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin jarang terlintas di benak kita. Mungkin pertanyaan berikut yang lebih sering muncul.

Mengapa hidup saya terasa berat dan penuh cobaan? Kapan saya akan bertemu jodoh dan menikah? Bagaimana caranya supaya bisa bahagia dengan pasangan dan puas dengan kerjaan? Mengapa saya belum dikaruniai anak, padahal sudah lama menikah? Kapan saya kaya dan sukses?

Semua pertanyaan tersebut sebenarnya bisa dijawab dengan mudah. Alhamdulillah saat ini kita sedang kedatangan tamu istimewa Ramadan Mubarak ‘diberkahi’. Sebutan Mubarak bukan sekedar istilah popular yang tanpa dalil. Rasulullah menyebut dalam sabdanya: “Telah datang pada kalian Ramadan Mubarak.

Di bulan itu Allah mewajibkan puasa, pintu langit dibuka lebar, pintu neraka dikunci rapat, para setan dibelenggu, dan di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Siapa yang terhalangi memperoleh kebaikan Ramadan, maka dia sungguh merugi (H.R. An-Nasa’i, Ahmad, Ibnu Majah).

Berkah Ramadan sendiri meliputi: (1) Bazar ampunan, (2) Kelipatan pahala, dan (3) Doa yang diijabah Allah SWT.

Bazar Ampunan

Manusia tidak pernah luput dari dosa dan berbuat salah. Siapa sih yang tidak pernah berbuat salah, baik pada Allah maupun pada sesama manusia? Sesungguhnya sadar bahwa kita telah berbuat salah lebih baik daripada tidak merasakan pernah berbuat salah.  Namun, Allah yang Maha Pengampun memberikan kemudahan bagi manusia untuk meminta ampunan-Nya. Di bulan Ramadan inilah pintu maaf-Nya dibuka selebar-lebarnya. Sabda Rasulullah: “Salat fardu ke salat fardu berikutnya, Jumat ke Jumat berikutnya, Ramadan ke Ramadan berikutnya merupakan pelebur dosa-dosa hamba selama dosa besar dijauhinya.”

Facebook Comments