Wednesday, May 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Komunitas > Bumi Puisi di Sepucuk Jambi

Bumi Puisi di Sepucuk Jambi

Bumi Puisi di Sepucuk Jambi

Dalam rangka memperingati hari Bumi, hari Kartini, hari Buku Sedunia, sekaligus hari Puisi Nasional, Komunitas Jari Menari (KJM) menggelar kegiatan bertajuk “Bumi Puisi” pada Minggu, 29 April 2018 tepat di depan pintu gerbang Kantor Gubernur Jambi. Acara ini dimulai pukul 07.30 WIB.

Acara literasi yang didukung oleh pelbagai komunitas literasi Jambi, seperti Rumbai, Perpus Rakyat, Batik Sipin jajaran, Sahabat Literasi Jambi, Rumah Baca Evergreen, Menolak Lupa, puan.co, dan Jambi ekspres ini sudah dua kali diadakan KJM. Acara sengaja dibuat terbuka untuk masyarakat umum sebab selain untuk bersenang-senang, juga sebagai ajang silaturahmi antar pengiat literasi di Jambi.

Bumi Puisi di Sepucuk Jambi
Bumi Puisi di Sepucuk Jambi

Rangkaian kegiatan Bumi Puisi ini, antara lain membaca puisi, musikalisasi puisi, puisi berantai, bermonolog, membatik, lomba mewarnai, diskusi, dan tak ketinggalan ada stand KJM, yakni ada lapak baca gratis, mini pameran zine, lapak stiker, dan lapak buku. Beberapa pengunjung yang datang tampak memberikan buku gratis ke KJM. Donasi ini nantinya akan diberikan ke Suku Anak Dalam yang berada di Pangkalan Ranjau.

Bila biasanya KJM mengadakan program donasi untuk bulan puasa, yakni berbagi kepada anak yatim piatu, kali ini donasi buku memang dikhususkan kepada kawan-kawan Suku Anak Dalam sebab mereka sangat membutuhkan bahan bacaan.

“Pengunjung dan pengisi acaranya beragam, mulai dari penggiat literasi anak-anak, remaja, hingga dewasa. Ada pengunjung yang niat datang menyaksikan acara dari awal sampai akhir, ada pula pengunjung yang hanya melihat-lihat sekilas lalu pergi begitu saja. Mungkin karena acara ini tidak ada kupon gratis umroh. Namun tentunya, semua pengunjung adalah tamu kehormatan bagi KJM,” ungkap , salah satu penggerak literasi KJM.

Facebook Comments