Monday, May 10, 2021
Home > Literasi > Resensi > Jangan Menonton Film ini Bersama Sahabat!

Jangan Menonton Film ini Bersama Sahabat!

Teman Tapi Menikah

Artis yang menulis buku itu sangat jarang, apalagi pasangan artis yang menulis buku bersama, jarang pakai banget. Salah satu pasangan suami-istri yang berprofesi sebagai selebriti ialah Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion (nama panggung). Mereka merilis novelnya pada Agustus 2016 berjudul #temantapimenikah sebelum akhirnya dilayarlebarkan.

Buku bersampul kuning itu menarik produser dan sutradara untuk mengangkatnya ke layar lebar. Bisa jadi karena label best seller. Buku-buku berlabel seperti itu biasanya akan membawa kesuksesan yang sama apabila diangkat ke layar lebar. Misalnya, yang baru-baru ini menjadi perbincangan hingga mengalahkan film layar lebar Ada Apa dengan Cinta, yakni Dilan 1990. Film tersebut juga diangkat dari novel best seller karya Pidi Baiq.

Mereka menggaet aktor Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla sebagai pemeran utama. Pemilihan Vanesha sekiranya menjadi sangat tepat setelah kesuksesannya memerankan Milea dalam film Dilan 1990. Ia naik daun sejak perannya dalam film dari buku bersampul biru muda itu.

Film karya Rako Prijanto selaku sutradara, menyuguhkan kegokilan sehingga membuat senyum lebar di wajah para penonton. Dimulai dari adegan pernyataan cinta Ditto kepada Ucha di sebuah cafe, kemudian penonton diajak mundur ke belakang untuk mengulik awal mula persahabatan dua anak manusia itu dimulai.

Sayangnya, tidak banyak konflik yang dimunculkan dalam film ini. Sutradara lebih mengedepankan proses persahabatan berubah jadi cinta dibandingkan konflik menegangkan antara Ucha dan Rifnu. Konflik antara Ditto dan Dila pun terasa sangat biasa, nyaris tanpa riak dan kesedihan yang berarti. Kesannya, film ini memang sengaja dibuat segokil mungkin tanpa ada konflik yang berarti sehingga menontonnya pun serasa menonton FTV (Film Televisi).

Facebook Comments