Thursday, May 6, 2021
Home > Peluang Bisnis > 6 Mitos Penghalang Berwirausaha

6 Mitos Penghalang Berwirausaha

mitos_bisnis

Sahabat Puan pernah terpikir untuk berwirausaha, namun takut gagal, takut ini dan takut itu? Sepertinya, Sahabat Puan harus membaca 6 mitos penghalang berwirausaha yang diungkapkan oleh Gunawan Ardiyanto dalam bukunya yang berjudul “Jadi Pengusaha, Siapa Takut?” berikut ini.

Mitos 1, usaha kecil hanya memberikan keuntungan yang tidak berarti. Gunawan menceritakan pengalamannya di tahun 2002, sebelum ia berwirausaha, ia melihat mobil pick up L300 membawa tumpukan daun pisang serta ikan lele dalam jerigen plastik ukuran 25 liter. Ia menganggap remeh bisnis itu. Ternyata, setelah ia melakukan wawancara singkat dan menghitung perkiraan keuntungan bisnis tersebut, maka diperoleh keuntungan sekitar 400-500 ribu/hari. Dapatlah diambil kesimpulan supaya jangan menyepelekan bisnis skala kecil, karena bisnis kecil yang dikelola dengan baik maka akan berubah menjadi skala besar.

Mitos 2, tidak ada peluang usaha yang tersisa lagi. Gunawan kembali menceritakan pengalamannya mengenai mitos kedua bahwa kebanyakan orang berpikir akan sulit untuk mulai berwirausaha karena sudah banyak pemain di usaha kecil. Sebenarnya, yang perlu dilakukan adalah jeli mencari peluang untuk ikut “bermain” di bidang tertentu. Sebagai contoh, menjual telur retak/pecah yang didapat dari peternakan ayam petelur dengan selisih harga Rp. 50,- dari telur yang masih utuh.

Mitos 3, usaha kecil kalah dengan usaha besar dalam persaingan. Tidak selamanya usaha besar bisa mengalahkan usaha kecil. Jika merasa kalah modal atau kalah promosi dengan usaha besar, carilah celah untuk memberikan keunggulan tersendiri dari usaha yang akan atau telah dikembangkan. Misalnya, membuat usaha jus buah segar dalam kemasan gelas plastik 350 ml sudah ada banyak di kafe, maka cara menjualnya dengan pesan-antar atau istilah kekiniannya Cash on Delivery (COD).

Facebook Comments