Wednesday, May 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Jalan-jalan > Sepenggal Surga di Aroma Pecco

Sepenggal Surga di Aroma Pecco

Sepenggal Surga di Aroma Pecco

Aroma Pecco adalah sebuah taman yang dilengkapi dengan danau buatan di tengah hamparan perkebunan teh Kayu Aro Kerinci. Lokasinya berada di desa Bedeng VIII, Kayu Aro. Banyak versi mengenai asal-usul taman ini. Ada yang menyebut bahwa dahulunya taman dengan danau buatan ini merupakan wadah suplai air bagi perkebunan teh di daerah sekitarnya. Sedangkan versi lainnya mengatakan bahwa dahulunya taman ini merupakan tempat pegawai kolonial Hindia Belanda beristirahat setelah letih bekerja di perkebunan.

Istilah Aroma Pecco sendiri mengacu kepada bau pucuk-pucuk daun teh yang terhampar di perkebunan teh Kayu Aro. Aroma khas pucuk teh itu tercium pada waktu-waktu tertentu. Maklum, dahulunya di sekitar taman Aroma Pecco ini terhampar kebun teh yang masih produktif untuk dipetik dan diolah menjadi teh berkualitas tinggi. Namun saat ini, di sekitar Aroma Pecco, tanaman tehnya telah menua dan tinggal menyisakan batang-batang teh yang kecoklatan tanpa daun.

Baca juga: Perempuan-perempuan Tangguh di Hamparan Kebun Teh

Meskipun demikian, taman Aroma Pecco masih setia pada keindahannya. Dikelilingi rerimbunan hijau pepohonan, aneka tumbuhan dan bunga warna-warni, terdapat danau buatan di tengahnya. Danau tersebut dilengkapi dengan sebuah anjungan yang menjorok ketengah danau sebagai tempat menikmati pemandangan. Tanaman teratai besar dan kecil menumpang hidup sebagai hiasan yang elok di permukaan air danau. Suara burung-burung berkicau akan berpadu dengan gemericik air danau yang mengalir membentuk sungai di sebelahnya. Ikan-ikan kecil dan kecebong bermain di dasar danau yang berair bening. Mereka bermain di sela-sela ganggang hijau yang menutupi danau. Berdiri di anjungan, menikmati embusan angin gunung yang sepoi-sepoi, dan pemandangan di sekitar danau, anda seperti sedang berada di taman kerajaan sendiri, seperti dalam cerita-cerita kerajaan Cina.

Facebook Comments