Wednesday, May 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Jalan-jalan > Pantai Depok dan Cemara Sewu: Surga Seafood dan Sunset yang Memukau

Pantai Depok dan Cemara Sewu: Surga Seafood dan Sunset yang Memukau

Depok dan Cemara Sewu1

Edisi jalan-jalan kali ini, saya tak akan bosan-bosannya mengajak Sahabat Puan untuk bertualang ke pantai. Libur Natal lalu, saya memutuskan berkunjung ke Pantai Depok dan Pantai Cemara Sewu, pantai yang terletak di sisi paling selatan kabupaten Bantul Yogyakarta. Kedua pantai ini segaris dengan pantai Parangtritis yang tersohor di Yogyakarta. Namun jika anda sudah pernah ke Jogja dan Parangtritis, maka tak ada salahnya untuk menjajal kedua pantai ini. Berbeda dengan pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta, Pantai-pantai yang segaris dengan Pantai Parangtritis ini memiliki pasir hitam yang landai. Yuk, terus ikuti review jalan-jalan ala puan.co!

Belanja dan makan seafood

Kami berangkat dari Kota Yogyakarta sekitar pukul 11.00 WIB dan tiba di Pantai Depok pukul 11.56 menit. Setibanya di lokasi, per orang membayar retribusi Rp7000,00 per orang. Saya dan teman-teman pun masuk ke gerbang Pantai Depok dan memarkirkan kendaraan.  Berkaitan dengan liburan Natal, maka tak heran jika banyak kendaraan pribadi dan bus pariwisata yang memenuhi parkiran. Ketika kami tiba pun, ibu-ibu yang menawarkan jasa masak seafood sudah menanti. Berhubung kami sudah punya langganan, maka kami langsung menuju pasar ikan yang terletak di sebelah barat pintu masuk Pantai Depok. Kami langsung memilih seafood yang kami kehendaki. Menurut teman saya, harganya tidak jauh berbeda dengan harga seafood di kota. Hanya saja, sensasi membeli seafood beramai-ramai di pantai inilah yang membuat seru.

Tanpa menunggu lama-lama kami pun memutuskan membeli kerang pink seharga Rp55.000,00 per kg, Ikan cakalang Rp30.000,00 per kg, kerang kupas, udang, dan cumi yang rata-rata ¼ kg sekitar dua puluh ribuan. Setelah puas dan dirasa cukup, kami menuju warung langganan agar seafood yang kami beli segera diolah dan disajikan. Panas matahari semakin terik. Sekitar setengah jam, seafood siap disajikan. Lama pengoalahan seafoood bergantung kepada jumlah pengunjung yang dating. Jadi kalau mau cepat, tinggal dicari saja warung yang tidak begitu ramai. Menurut saya, semua warung sama saja. Jenis masakannya sama, asam manis, asam pedas, saos tiram, bakar, goreng dan sebagainya. Jasa masaknya juga sama, rata-rata 10-15 ribu per kg nya.

Facebook Comments