Thursday, May 6, 2021
Home > Sosok > Jatuh Bangun Memasarkan Brand Khodijah Hijab

Jatuh Bangun Memasarkan Brand Khodijah Hijab

Khodijah Hijab

Siapa bilang membangun bisnis dengan menggunakan brand sendiri harus dengan modal uang yang cukup besar? Khodijah Harahap (31 tahun), membuktikan bahwa tanpa modal besar pun bisa sukses dalam berbisnis. Ia mulai merintis bisnis jilbab dengan menjadikan namanya sendiri sebagai brand sejak tahun 2015. Bisnis yang dipasarkan secara online maupun offline ini awalnya dijalankan dengan modal minim dan tanpa meminjam bank. Namun, nyatanya ia bisa bertahan hingga sekarang.

Saat ini, Khodijah Hijab yang ia rintis sudah semakin dikenal oleh kalangan pebisnis  jilbab online di Jambi. Semua itu berawal dari cita-citanya ingin memiliki bisnis dengan menggunakan brand sendiri saat mulai menekuni dunia bisnis online. Sebelumnya, Khodijah sempat menjadi agen dropship beberapa brand muslim selama empat tahun lebih sebelum memutuskan memilliki brand sendiri.

Sebelum menjalankan bisnisnya sendiri, Khodijah terlebih dahulu berhenti menjadi agen dropship. Khodijah kemudian memproduksi sendiri barang dagangannya dengan label Khodijah Hijab. Dengan gigih ia mengkampanyekan label Khodijah Hijab melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Namun, label Khodijah Hijab baru dipasang ke dalam produk dagangan jilbabnya pada tahun 2016, karena pada tahun ini Khodijah baru memiliki uang untuk memasang label tersebut.

Baca juga: Kuliner, Bisnis yang Tiada Matinya

Khodijah memulai bisnis jilbab buatannya sendiri dengan modal minim, ia pun terpaksa membeli bahan jilbab semampunya. Kadang hanya membeli bahan sekitar 10 meter, 20 meter, dan 40 meter dengan harga eceran di pasar, kemudian dijahitkan ke orang lain. Begitulah Khodijah memulai bisnis jilbabnya dengan kucuran keringat dan kerja keras.

Produk jilbab yang pertama kali ia pasarkan adalah jilbab segi empat. Jumlahnya pun tak banyak, hanya berkisar sekitar 10 hingga 20 pcs. Produk jilbab ini difoto menggunakan kamera handphone, kemudian diupload di media sosial untuk dijual secara online. Namun, kini beberapa produk jilbab Khodijah Hijab dalam iklan penjualannya sudah menggunakan model, maka jasa photographer profesional juga dilibatkan, lainnya yang tidak menggunakan model tetap difoto sendiri menggunakan kamera handphone.

Facebook Comments