Wednesday, May 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Jalan-jalan > Liburan Murah ke Kebun Raya Bogor

Liburan Murah ke Kebun Raya Bogor

Liburan Murah ke Kebun Raya Bogor

Awalnya saya hendak mengunjungi Museum Gedung Juang 45, namun karena berdebat panjang soal arah dengan teman jalan saya yang memiliki disorientasi arah, maka kami batalkan.

Tak ada rencana jalan-jalan hari ini. Niatnya hanya mengunjungi salah satu teman, tetapi ia membatalkannya padahal kami sudah bersiap. Sayang pula badan yang wangi serta pakaian rapi disiakan. Pergilah kami mengantar paket berisi buku dan pakaian untuk dikirim ke Bobotsari, Purbalingga.

Paket dikirim di Kantor Pos Pasar Kembang Cikini, lalu kami ke taman di depan HDI Menteng. Di situ kami melakukan perdebatan kecil.

“Ya sudah kita ke Istana Bogor aja. Gimana?”

“Iya mau, tapi yang tempat ketemunya Pak Jokowi dengan Pak Obama itu kan?”

“Iya di situ.”

“Bukannya di Bogor adanya Kebun Raya Bogor?”

“Iya itu sekomplek.”

“Ya, udah kita ke sana.”

Teman saya yang belum pernah menginjakkan kaki di Kebun Raya Bogor itu memastikan tempat yang hendak kami tuju. Dia khawatir salah tujuan dan saya tak terlalu khawatir jika salah tujuan. Namanya saja ‘mencari jejak’.

Sembilan tahun yang lalu, saya mengunjungi Kebun Raya Bogor dengan mengendarai mobil kantor tempat saya bekerja dulu. Sudah cukup lama.

Sebelum pergi, tentu saya sudah googling terlebih dahulu jalur commuterline dan angkutan kota ke Kebun Raya Bogor. Ada banyak petunjuk dan saya coba salah satunya.

Pukul 10.15 WIB, kami naik KRL dari Stasiun Cikini ke Stasiun Bogor. Biayanya sangat murah untuk perjalanan sekitar 1,5 jam yaitu Rp. 6.000/orang untuk satu tujuan. Kereta yang kami naiki tak seramai kereta menuju kota di pagi hari.

Tersebab saya mengetahui mobilitas tertinggi kereta terjadi di pagi hari dari arah Bogor ke Jakarta dan sore hari dari Jakarta ke Bogor, maka saya merasa yakin tidak akan terjebak oleh desak-desakan yang menyakitkan di dalam kereta. Saya menyebut orang-orang yang berdesakan di commuterline layaknya tusuk gigi yang berada dalam wadahnya, nyaris tanpa celah.

Facebook Comments