Thursday, May 6, 2021
Home > Sosok > Bella Moulina Perempuan berprestasi dari Jambi

Bella Moulina Perempuan berprestasi dari Jambi

Pada kesempatan kali ini redaksi Puan.co mewawancarai sosok perempuan muda yang mempunyai segudang prestasi, namanya Bella Moulina. Berikut petikan wawancaranya:

Assalamu’alaikum, Bella. Bisa perkenalkan diri untuk Sahabat Puan?

Waalaikumsalam Mbak Putri. Saya Bella Moulina, akrab disapa Bella. Saat ini beraktivitas sebagai pendidik di SMP SMA SMK Islam Attaufiq Jambi, sekaligus sebagai relawan pengajar di komunitas Sahabat Ilmu Jambi.

Sebagai generasi penerus bangsa, apakah Bella memiliki motivasi atau passion tersendiri untuk berbuat sesuatu bagi negara?

Tentu ya. Saya merasakan banyak manfaat yang Indonesia berikan kepada saya dalam bentuk apapun, maka sudah seharusnya saya memberikan umpan balik kepada Indonesia melalui masyarakatnya. Terlebih lagi saya memiliki kecintaan terbesar pada bidang pendidikan, dan itu juga passion saya sejak saya kecil. Disadari atau tidak, passion inilah yang menjadi motivasi saya untuk berkontribusi sekecil apapun bagi negeri ini.

Dari motivasi atau passion itu, Bella sudah mendapatkan pengalaman apa saja? Mungkin bisa disebutkan pengalaman manis dan pahitnya?

Pengalamannya kebanyakan manis. Passion tersebut membuat saya selalu haus akan ilmu dan bertemu dengan banyak orang untuk belajar dari mereka. Pun dari sana, saya tidak mendiamkan ilmu itu untuk saya sendiri, namun juga diberikan kepada orang lain. Pengalaman tersebut juga diberikan Allah SWT melalui cara lain yakni menjadi delegasi Jambi dan Indonesia pada forum kepenulisan, kepemudaan, dan pendidikan di kancah nasional dan internasional. Pengalaman ini menambah wawasan saya untuk terus belajar dan menjadikan diri lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Apakah pengalaman pahit itu kemudian membuat Bella menyerah untuk meraih cita-cita?

Pengalaman pahit tentu ada, meski tidak banyak. Terkadang kekecewaan ditemui jika beberapa orang tidak mau diajak kerjasama dalam melakukan sesuatu. Di sisi lain perjuangan untuk meraih cita-cita untuk belajar ke luar negeri saat itu sempat membuat saya jadi down. Hanya saja saya terus bangkit dan bersyukur atas apa yang saya miliki. Jadi saya tidak terlalu khawatir jika saya akan menyerah, karena saya tahun jatuh berkali-kali dengan hasil yang manis di akhir akan jauh lebih indah.

Apa aktivitas Bella saat ini?

Saat ini saya bekerja sebagai pengajar bahasa Inggris baik di sekolah, rumah ke rumah, hingga di rumah saya sendiri. Di sisi lain saya juga seorang relawan dan pengurus Sahabat Ilmu Jambi. Keseharian saya juga melibatkan dukungan dari orangtua, tanpa dukungan mereka aktivitas itu tidak mungkin berjalan dengan baik.

Prestasi apa saja yang sudah diraih oleh Bella?

1. Peserta International Visitor Leadership Program di Amerika Serikat pada September 2015

2. Pengajar Muda angkatan VI Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur pada Juni 2013 – Juni 2014

3. 50 Inspirasi Indonesia pada Majalah Intisari Agustus 2012

4. Juara II Duta Bahasa Provinsi Jambi 2012

5. Delegasi Jambi pada forum kepemudaan, kepemimpinan, jurnalistik, pendidikan, parawisata, dan kerelawanan: Parlemen Muda Indonesia 2012, Indonesian Young Changemaker Summit 2012, Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia 2012, Java Summer Camp 2012, Global Youth Forum 2012, Forum Indonesia Muda 2011, Kursus Narasi Eka Tjipta Foundation 2010, Aku Cinta Indonesia Detikcom 2010, dan Simposium Generasi Pers Mahasiswa Nasional 2008.

6. Co-Founder Sahabat Ilmu Jambi 2011 – sekarang

7. Pimpinan Umum Pers Mahasiswa Trotoar Universitas Jambi 2008 – 2010

8. Juara I Lomba Karya Tulis Lingkungan Hidup KKI Warsi 2008

Facebook Comments