Friday, April 19, 2024
Home > Dapur Puan > Resep > Resep Puding Kelapa

Resep Puding Kelapa

Resep puding kelapa

Tatkala cuaca panas, rasanya sangat nikmat bila menyantap puding. Sahabat Puan sudah pernah membuat puding kelapa sendiri? Kalau belum, yuk kita bikin puding kelapa! Selain menghilangkan dahaga dan menggoyang lidah, puding kelapa juga kaya manfaat, yakni mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh dan pencernaan.

 

Bahan:

  • 1 bungkus agar-agar swallow (plain)
  • 1 bungkus nutrijel (plain)
  • 1 buah kelapa muda ambil airnya 5 gelas (gelas belimbing). Jika dalam 1 buah kelapa tidak mencukupi untuk 5 gelas air kelapa, dapat ditambahkan air putih saja.
  • daging buah kelapa muda dari 1 buah kelapa muda
  • buah logan kalengan (bias diganti leci)
  • gula pasir secukupnya
  • sirup melon secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Campurkan agar-agar swallow dengan nutrijel dan air kelapa ke dalam wadah! Aduk-aduk sampai agar-agar tercampur rata dengan air kelapa tanpa gumpalan-gumpalan!
  2. Setelah tercampur, barulah dimasak di atas api sedang sampai mendidih! Setelah mendidih, campurkan sirup melon!Jika kurang manis bisa ditambah gula atau hanya menggunakan sirup saja sesuai selera.
  3. Masak sebentar hingga mendidih kembali dan air agak susut! Matikan api, biarkan sebentar lalu aduk-aduk sampai uap panas hilang! Masukkan daging buah kelapa!
  4. Tata buah leci atau logan di dasar cetakan. Masukkan sedikit-sedikit agar-agar yang telah dimasak tadi! Cukup sedikit saja sampai separuh buah logan terendam. Diamkan sampai agar-agar setengah padat! Ini perlu dilakukan agar buah logan kokoh di dasar cetakan.
  5. Setelah setengah padat baru masukkan lagi agar-agar sedikitsedikit (jangan sekali tuang) agar buah logan tidak lepas dari dasar cetakan dan mengambang. Lakukan proses ini sampai seluruh agar-agar masuk ke cetakan! Dinginkan!
  6. Setelah dingin dan padat seluruhnya, agar-agar dapat dipindahkan ke piring saji.
Resep puding kelapa
Resep puding kelapa

Tips:

  • Untuk langkah poin 4 dan 5 perlu hati-hati dan membutuhkan feeling agar adonan agar-agar tepat setengah padat. Jika terlampau padat dan dingin, adonan yang dimasukkan selanjutnya tidak merekat satu-sama lain. Ketika dikeluarkan dari loyang, akan lebih mudah terpisah.
  • Cara memindahkan satu loyang agar-agar ke piring saji: kelihatannya gampang hanya tinggal dibalik di atas piring saja, kenyataannya banyak juga yang sering gagal. Saya pun di awal belajar memasak juga pernah mengalaminya, agar-agar tak kunjung lepas. Jika dicongkel, bisa merusak kuenya. Cara mudahnya adalah setelah dingin dan padat, selipkan 4-5 tusuk gigi di pinggir antara agar-agar dan cetakan sehingga pinggiran agar-agar renggang. Baru dibalikkan ke atas piring voila. Agar-agar nan cantik telah tersaji. Kalau sudah tersaji dan berhasil dikeluarkan, rasanya sayang untuk dipotong, inginnya dipandangi saja.
  • Tidak mesti menggunakan loyang besar, kita juga bisa menggunakan cup-cup agar-agar kecil. Bila dimasukkan ke cup, buah logan tidak perlu dipadatkan, tinggal dicemplung saja, tampilannya juga tak kalah manis.

Selamat mencoba, Sahabat Puan. Selamat memasak. Semua bisa memasak enak.

Translate »