Wednesday, May 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Jalan-jalan > Festival Kampung Senaung: Revitalisasi Budaya Kampung di Jambi

Festival Kampung Senaung: Revitalisasi Budaya Kampung di Jambi

Festival Kampung Senaung

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Rural Community Development (LPPM RCD) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Nurdin Hamzah (STISIP NH) Jambi tahun 2017 ini mengadakan kembali festival kampung. Tahun ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun lalu, tepatnya di Desa Senaung, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi.

Festival dengan tajuk “Bergerak Membangun Desa” ini diselenggarakan selama lima hari berturut, mulai tanggal 22 hingga 26 November 2017. Acaranya cukup padat yang pada intinya fokus pada adat dan hasil peninggalan benda yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup masyarakat kampung di masa lalu.

“Ini yang pertama kali dilakukan di Desa Senaung dan melalui tahapan yang cukup panjang hingga sampai pada pelaksanaannya tanggal 22-26 November 2017,” kata Ketua LPPM RCD STISIP Nurdin Hamzah Jambi, Wenny Ira Reverawati, M.Hum.

Acara di hari pertama dimulai dengan Diskusi Kelembagaan Adat Desa yang disampaikan oleh Jafar Rassuh dan Nukman sebagai pemateri. Selanjutnya acara Pembukaan Tour Benda Bersejarah dan Arsitektur Bersejarah Kampung Senaung dilangsungkan. Acara tersebut dilaksanakan hingga akhir rentetan festival ini.

Festival ini merupakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan STISIP Nurdin Hamzah Jambi, sehingga melibatkan berbagai pihak, seperti aparat desa, masyarakat, lembaga adat dan stakeholder. Persiapannya pun sudah dimulai sejak Desember 2016 yang menandakan bahwa fastival ini dirancang dengan matang.

Tanggal 25 November 2017 diadakan kegiatan yang merupakan warisan budaya dari para leluhur yakni pelarian di umo, yang dilanjutkan dengan cerita sejarah Desa Senaung dan legendanya, serta berbagai permainan tradisional seperti keronceng, ladang kere, hentak-hentak bumi dan peteng, sekaligus penutupan Festival Kampung.

Facebook Comments