Wednesday, May 19, 2021
Home > Literasi > Pendidikan > 12 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Ingin Menjadi PNS

12 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Ingin Menjadi PNS

Pegawai Negeri Sipil

Berbicara masalah pekerjaan, ternyata salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan orang adalah PNS atau yang sekarang dinamakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Mengapa PNS begitu didambakan bahkan menjadi rebutan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia? Berikut beberapa alasannya!

  1. Jaminan Gaji

Meski penghasilan PNS tidak sebesar penghasilan bekerja di swasta, para PNS akan merasa tenang karena gaji mereka akan naik dua tahun sekali (gaji berkala). Tentunya kenaikan gaji ini harus disyukuri dengan meningkatkan kinerja di instansinya. Keuangan yang stabil akan membuat rumah tangga aman dan nyaman. Nah, gaji pokok PNS ditentukan sesuai dengan golongan dan masa kerja. Gaji pokok ini di luar tunjangan-tunjangan lain.

  1. Jaminan Dana Pensiun

Bila suatu saat nanti si-PNS pensiun, maka yang bersangkutan akan menerima dana pensiun. Dana ini lumayan untuk menghidupi keluarga. Meskipun tidak banyak, setidaknya bila yang bersangkutan meninggal dunia, maka dana pensiun akan jatuh ke istri atau suami dan anak-anaknya.

  1. Tidak ada PHK

Bila banyak karyawan swasta menjadi korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena perusahaan bangkrut atau karena kinerja karyawannya buruk, di PNS tidak akan terjadi loh. PNS tidak akan kena PHK kecuali melakukan kejahatan berat, seperti narkoba, membunuh, atau melakukan kejahatan lain hingga masuk penjara.

  1. Mendapat Akses

Jangan kira para PNS yang baru S-1 tidak bisa melanjutkan sekolah dengan biaya pemerintah. Ada banyak beasiswa bagi PNS untuk melanjutkan sekolah dengan syarat-syarat tertentu. Selain sekolah di dalam negeri, akses sekolah PNS pun bisa sampai luar negeri.

  1. Ada Jenjang Karier

Nah, para PNS juga ada jenjang karier loh. Tentunya ini harus disesuaikan dengan pangkat dan golongan masing-masing ya. Kalau pangkat dan golongan sudah tinggi, kamu bisa menjabat menjadi kepala instansi.

Facebook Comments