Wednesday, May 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Jalan-jalan > Geliat Museum Memikat Pengunjung

Geliat Museum Memikat Pengunjung

Museum Siginjei, Memiliki Koleksi Terbanyak

Masa lalu seyogianya adalah kenangan sekaligus pembelajaran yang terkadang tidak harus dihapus dalam ingatan. Masa lalu, menjadi pijakan dan dasar kita melakukan berbagai hikmah dan pengalaman. Begitupun museum, sebagai sarana bagi kita menyimak masa lampau untuk membaca masa depan.

Museum Perjuangan Menyimpan Bingkai Semangat Juang

Berdiri kokoh replika pesawat terbang Catalina RI 005 yang dipajang di halaman museum. Melewati gerbang masuk dengan suasana yang tegas menyiratkan bahwa perjuangan rakyat Jambi tidaklah mudah untuk memperoleh kemerdekaan.

Museum ini terdiri dari tiga lantai, pada lantai pertama terbagi dalam dua ruang pamer, pada sisi kanan berupa koleksi persenjataan modern semasa perang melawan penjajah Belanda di Jambi.

Sebanyak 477 koleksi  yang terdiri dari benda-benda, tulisan dan lukisan sejarah perjuangan rakyat Jambi.

Persenjataan yang dipamerkan pernah digunakan pada masa perang kemerdekaan 1945-1950, seperti senapan, pistol vickers, senjata mesin ringan dan senjata lainnya. Pada sisi kiri pengunjung dapat melihat senjata tradisional seperti keris, pedang, badik, tombak dan pakaian perang ikat kepala, alat komunikasi dan perlengkapan perang bersifat religius yang digunakan rakyat melawan pasukan kolonial.

Pada lantai dua disajikan diorama sejarah perjuangan rakyat Jambi dalam mempertahankan kemerdekaan yang terbagi dalam 17 diorama. Setiap diorama melukiskan peristiwa bersejarah yang terjadi di Jambi, mulai dari Kemerdekaan Nasional hingga usaha Belanda untuk menolak kemerdekaan dan hendak mengambil alih kembali wilayah Indonesia.

Beberapa peristiwa sejarah yang ditampilkan dalam diorama antara lain, pertempuran Tanah Minyak, Realisasi Perjanjian Linggarjati dan diorama lainnya. Pada lantai tiga terdapat koleksi meja kerja yang dipergunakan oleh salah seorang perjuangan kemerdekaan. Terdapat pula berbagai dokumen tertulis seperti naskah-naskah perjuangan, surat-surat penting dan foto-foto perjuangan.

Facebook Comments