Monday, May 10, 2021
Home > Gaya Hidup > Jalan-jalan > Memanjakan Mata dan Lidah di Gentala Arasy

Memanjakan Mata dan Lidah di Gentala Arasy

Akses menuju gentala arasy bisa melewati jembatan pedestrian yang membentang dari kawasan tanggo rajo,

Bagi sahabat puan yang tinggal di Kota Jambi, nama Museum Gentala Arasy tentu sudah tidak asing lagi. Museum budaya yang sangat kental dengan corak arsitektur Islam ini dibangun di pinggir sungai Batanghari. Lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan WTC Jambi. Akses menuju gentala arasy bisa melewati jembatan pedestrian yang membentang dari kawasan tanggo rajo (ancolnya Jambi), tepatnya di depan rumah dinas gubernur, menuju pelataran museum gentala arasy.

Jembatan pedestrian yang membentang sepanjang 503 meter dengan lebar 4,5 meter ini menjadi ikon baru Kota Jambi. Penggunaannya baru diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 28 Maret 2015 lalu. Jembatan yang dikhususkan bagi pejalan kaki ini menjadi tongkrongan favorit pengunjung setiap sore. Bentuk jembatan yang didesain berkelok seperti huruf S menambah keelokan destinasi satu ini. Di seberang jembatan menjulang tinggi menara gentala arasy. Di puncak menara terdapat jam besar sebagai penanda waktu sholat bagi warga sekitar. Jika Kota Bukit Tinggi punya menara jam gadang, maka di Jambi sahabat puan akan menemukan menara gentala arasy.

Suasana di tempat ini asyik dinikmati saat sore hingga malam hari. Dan jangan coba-coba berdiri di jembatan ini di siang bolong. Kepala rasanya seperti meleleh karena terbakar oleh matahari. Selain sore dan malam, pagi hari juga merupakan waktu yang tepat menjelajahi tempat ini.  Namun pengunjung lebih ramai pada waktu sore hingga malam.

Selain bisa memanjakan mata menyaksikan sunset berlabuh di Sungai Batanghari, sahabat puan juga bisa memanjakan lidah dengan mencicipi aneka jajanan sekitar kawasan tanggo rajo yang mulai bergeliat di sore hari. Alhasil, sepanjang sore lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan penduduk sekitar.

Facebook Comments