Thursday, May 2, 2024
Home > Lingkungan > Gunung Merapi Memasuki Level 2: Warga Diimbau Tetap Tenang

Gunung Merapi Memasuki Level 2: Warga Diimbau Tetap Tenang

Gunung Merapi Memasuki Level 2: Warga Diimbau Tetap Tenang

Ronda malam selain sebagai salah satu wujud kearifan lokal masyarakat yaitu solidaritas kelompok, juga menjadi suatu hal yang lumrah dilakukan masyarakat guna menjaga keamanan lingkungannya. Berbekal keberanian, kepedulian, dan rasa kekeluargaan yang erat, masyarakat bergantian bersiaga apabila terjadi letusan lainnya. Kerja sama yang baik antara pemerintah, stakeholders, dan masyarakat menunjukkan adanya suatu hubungan yang harmonis di tengah kegelisahan yang terjadi. Selain itu, masyarakat umum juga terlibat dalam memantau aktivitas Gunung Merapi melalui akun sosial media.

Malam tadi (23/5) pada pukul 19.00 WIB menutup hasil pemantauan, BPPTKG melakukan konferensi pers terkait press released dan akan berlanjut setiap harinya pukul 08.00 WIB dan 19.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan informasi serta menjawab pertanyaan masyarakat maupun wartawan terkait dengan aktivitas Gunung Merapi selanjutnya. Selain itu, konferensi pers ini dilakukan untuk meminimalisasi adanya hoax sehingga dapat meminimalisasi adanya kecelakaan lain yang tidak diinginkan.

Imbauan yang terus digencarkan oleh BPPTKG tidak hanya berlaku bagi masyarakat sekitar, tetapi kita sebagai masyarakat umum juga harus lebih berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi, apalagi informasi yang genting dan penting seperti ini. Tidak ada salahnya apabila kita tetap tenang dan turut andil dalam memantau aktivitas Gunung Merapi melalui akun sosial media resmi yang ada, seperti Facebook, Twitter, Youtube, Web, dan Instagram. Serap informasi sebanyak-banyaknya, buka luas rasa empati kepada sesama, tetap tenang dan berdoa untuk masyarakat Yogyakarta! (ERT/RFH)


foto cover: tekno.tempo.co

Translate »