Friday, March 29, 2024
Home > Literasi > Opini/esai > Politik Boikot Produk Kekinian

Politik Boikot Produk Kekinian

SariRoti Rotinya Indonesia

Bisa jadi, Ananda tidak menyangka bahwa aksinya tersebut akan berakibat pada pemboikotan produk Traveloka yang didirikan oleh orang yang akan menerima penghargaan dari Kanisius, sama dengan dirinya. Derianto Kusuma sebagai pendiri Traveloka bisa jadi tak menyangka pula bahwa produk travel yang didirikan olehnya akan bernasib sama dengan Sari Roti, menjadi viral akibat tagar boikot produk.

Sejauh ini yang penulis ketahui baru 2 produk yang mendapatkan boikot, kemungkinan akan ada produk-produk lainnya yang menjadi sasaran dan viral akibat isu-isu politik yang bertebaran di media sosial. Sebagian netizen sudah menyadari bahwa itu hanya isu politik belaka yang berakibat atas suatu produk, namun sebagian lainnya masih senang dan bahkan memang menikmati setiap isu yang digulirkan.

Alangkah lebih bijak, netizen tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang terkadang hanya akan menjadi bumerang, padahal mereka sendiri terkadang menjadi konsumen setia dari produk tersebut. Perusahaan-perusahaan tentunya perlu waspada karena isu-isu politik bisa menyeret produk mereka ke arah yang bisa jadi menguntungkan dan bisa jadi merugikan.

Translate »