Wednesday, May 19, 2021
Home > Lingkungan > Solusi Mempercantik Rumah Model Minimalis

Solusi Mempercantik Rumah Model Minimalis

Rumput gajah mini

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman dan asri. Namun, rumah idaman tersebut tidak akan tercipta dengan sendirinya. Sebagai pemilik, Anda harus pintar berinovasi dan berkreasi untuk memperindah setiap ruang yang ada di dalam maupun di pekarangan. Rumah indah dan cantik tak mesti rumah besar dengan lahan nan luas. Rumah minimalis dengan lahan seadanya pun bisa “disulap” menjadi hunian yang menarik dan nyaman bagi pemiliknya.

Jika menginginkan halaman rumah tampil cantik dan menawan, sepertinya Anda perlu mendatangkan “gajah mini” untuk dipajang di halaman. Gajah mini bukan gajah berbelalai ya, tapi ini hanya nama jenis rumput penghias taman supaya nyaman dipandang mata. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh si gajah mini ini dibandingkan dengan jenis rumput lainnya. Cara menanam dan merawatnya pun tidaklah sulit.

Gajah mini banyak digunakan sebagai penghias halaman rumah model minimalis. Daunnya hijau pekat sehingga terlihat sejuk saat dipandang. Daun rumput ini berukuran 5 – 10 cm dan akarnya menyebar di tanah sepanjang 5 – 8 cm. Jika rumput ini tumbuh di halaman, maka halaman rumah seperti dilapisi bentangan karpet hijau yang sejuk dilihat. Padukan dengan beberapa tanaman hias agar suasana halaman semakin tampak hidup dan menarik.

Menanam gajah mini juga terbilang mudah. Anda tinggal menyediakan bibit yang bisa dibeli di toko tanaman hias. Biasanya mereka menyediakan bibit rumput mini untuk dijual. Harganya berkisar sekitar 40 ribu per meter. Kemudian cangkul tanah yang akan ditanami sekitar 15 cm dan taburkan pupuk kandang secukupnya. Setelah itu tanami bibit yang sudah tersedia dengan membenamkan akarnya ke dalam tanah dengan jarak sekitar 5 cm. Injak dan padatkan tanah agar rumput tak gampang terangkat di kala hujan atau saat penyiraman . Sirami secara rutin pagi dan sore hari. Setelah dua minggu, Anda akan melihat rumput tersebut mulai tumbuh dan mengeluarkan daun-daun muda. Jika setiap ruang sudah tertutup rumput, berarti usaha Anda mempercantik rumah dengan gajah mini sudah berjalan sukses.

Baca juga: Ingin Memanen Buah Segar di Pekarangan Sempit?

Gajah mini memiliki gaya unik dalam pertumbuhannya. Rumput ini tumbuh merambat ke samping, bukan tumbuh tinggi sebagaimana lazimnya rumput yang sering ditemui di lapangan bola atau di lahan-lahan terbuka yang dipenuhi rumput liar. Ini tentu memberi keuntungan ganda bagi pemilik rumah. Selain mendapatkan keindahan dari tampilannya yang menawan bak hamparan karpet, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar tukang potong rumput. Selain penampilannya yang menarik, gajah mini juga sangat bagus untuk menahan laju air hujan di pekarangan rumah. Daripada halaman dicor dengan semen yang dapat menghalangi penyerapan air hujan, lebih baik menghadirkan gajah mini agar sirkulasi air tak terganggu dan penampilan halaman rumah tetap cantik.

Facebook Comments