Friday, April 19, 2024
Home > Gaya Hidup > Komunitas > Klub Baca Tapak Seribu, Volunter Literasi Dompu yang Tahan Banting

Klub Baca Tapak Seribu, Volunter Literasi Dompu yang Tahan Banting

Klub Baca Tapak Seribu
komunitas ini punya beberapa trik untuk menarik pengunjung
Komunitas ini punya beberapa trik untuk menarik pengunjung.

Sebagai volunter, teman-teman klub baca ini juga siap dengan segala tantangan, termasuk menanggung biaya operasional dari kantong pribadi. Juga beberapa penyakit yang kadang menyerang tatkala cuaca buruk. Meskipun terkadang mengalami beberapa kendala, mereka tidak berkeluh kesah. Karena lebih banyak bahagianya walau persediaan buku masih kurang. Ada kebahagiaan tersendiri melihat masyarakat terdorong untuk membaca meski sampai saat ini pemda setempat belum memberikan peran yang signifikan terhadap Klub Baca Tapak Seribu.

Hal paling menyenangkan lagi ketika merapikan buku-buku yang berantakan setelah kegiatan membaca berlangsung. Tanggapan masyarakat juga selalu baik. Mereka tidak pernah mendengar tanggapan negatif karena kegiatan ini memang dilakukan secara sukarela, sukacita, dan tidak membebani siapa pun. Klub Baca Tapak Seribu berharap dengan adanya gerakan literasi ini, semoga masyarakat Indonesia mampu menjadikan kegiatan  membaca sebagai budaya yang terus diwariskan.

Selain kegiatan membaca, ternyata komunitas ini punya beberapa trik untuk menarik pengunjung. Mereka melakukan permainan-permainan sederhana bersama anak-anak, seperti origami (seni melipat kertas). Juga membekali anak-anak dengan seni kerajinan tangan. Sementara untuk ibu-ibu, biasanya diadakan acara praktik memasak dan program penanaman pohon.

Hingga saat ini, Klub Baca Tapak Seribu masih menerima donasi buku loh. Bila Sahabat Puan tertarik menjadi donatur buku, Sahabat Puan bisa memanfaatkan program pengiriman gratis PT Pos Indonesia per tanggan 17 setiap bulannya ke alamat Club Baca Tapak Seribu,  Desa Kadindi Barat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, 84261. HP 082237997387. An.  Bunyamin.

Baca juga: Daftar Perpustakaan Jalanan di Seluruh Indonesia

Nah, Bagaimana Sahabat Puan? Anda ingin menjadi pejuang literasi juga, tetapi belum kesampaian? Selama jantung masih berdetak, kita masih bisa memulainya dari sekarang dengan semangat menggelora dan sedikit keberanian! Niscaya.

Translate »