Monday, May 10, 2021
Home > Dapur Puan > Resep > Cabai Tempoyak Daun Kucai dan Petai

Cabai Tempoyak Daun Kucai dan Petai

resep bumbu tempoyak

Selama ini, saya tidak pernah mengenal daun kucai dalam masakan yang pernah terhidang di rumah. Saat menemui daun kucai pertama kali, saya sedikit mengalami kebingungan untuk menentukan masakan yang akan dibuat. Akhirnya saya melakukan sedikit inovasi yaitu mencampurkan daun kucai dengan tempoyak, petai dan gilingan cabai.

Memasak bahan yang belum pernah diolah membuat saya mengandalkan insting. Saya tidak mengetahui bahwa jenis daun kucai yang saya pakai memiliki tekstur yang keras sekaligus lembut. Artinya, saat dimasak daun kucai tak banyak berubah teksturnya sehingga saat disantap kesegarannya masih terasa. Meski teksturnya tak berubah, tetapi lembut saat dikunyah dan memunculkan suara “kres-kres”.

Bagi Sahabat Puan yang mengalami hal sama, belum pernah memasak daun kucai, resep inovasi kreasi saya ini bisa dicoba. Jika masih asing dengan tempoyak, bumbu yang terbuat dari durian yang difermentasi, maka tidak perlu digunakan.

Bahan:

1 ikat daun kucai

1 ikat petai

10 sdm minyak goreng

Bumbu:

1 sdm tempoyak

3 buah bawang merah

2 siung bawang putih

150 gram cabai merah

½ sdm garam halus

½ sdt gula pasir

Cara membuat:

  • Daun kucai dipotong-potong sepanjang 5 cm dan petai dikupas dari kulitnya. Cuci kedua bahan utama tersebut.
  • Haluskan semua bumbu kecuali tempoyak. Goreng bumbu hingga harum, lalu masukkan petai. Aduk hingga bumbu merata. Kemudian masukkan daun kucai dan masak hingga daun kucai matang.
  • Angkat masakan dan hidangkan ke dalam piring. Cabai tempoyak daun kucai dan petai siap disantap.
Facebook Comments