Thursday, March 28, 2024
Home > Dapur Puan > Kuliner > Sate Kelinci Legendaris di Kebumen

Sate Kelinci Legendaris di Kebumen

Sate kelinci menjadi kuliner langka di Indonesia.

Sate kelinci menjadi kuliner langka di Indonesia. Dalam satu daerah tidak mesti ada warung atau restoran yang menyajikan masakan berbahan dasar daging kelinci. Binatang imut itu juga tidak mudah didapatkan seperti halnya daging ayam atau sapi.

Nggak mesti mbak. Dalam sehari sekitar lima ekor. Susah mendapatkannya. Kalau memelihara sendiri nggak sumbut (balik modal, red) untuk makanannya. Kelinci yang bisa dipotong kan yang umurnya 6-8 bulan. Selama itu perlu pakan banyak dan nggak sembarangan. Yang penting ada kelinci sehat dan gemuk, diambil,” kata menantu Pak Mun saat ditanya mengenai mendapatkan kelinci.

Warung sate kelinci ini dahulunya berada di daerah Sokka, kemudian pindah ke dekat stasiun kereta api Kebumen pada tahun 1994. Saat ini warung tersebut dikelola oleh generasi kedua. Dan jangan ditanya mengenai pelanggannya, dari kelas menengah hingga kelas atas. Wajar saja warung itu memiliki pelanggan yang beragam karena usianya sudah mencapai 30 tahun.

Yang ke sini dari mana-mana, mbak. Kemarin ada yang sampe nyari di google map untuk nemuin warung ini,” tandasnya mengenai pelanggan yang datang di warung Pak Mun itu.

Penampilan warung ini sudah berubah di tahun ini. Beberapa tahun yang lalu penampilannya masih menggunakan tiang kayu, dinding kayu dan gedek, serta atap rumbai. Kini sudah berubah menjadi bangunan permanen dengan dinding batu bata berbalut semen. Yang tidak berubah hanya papan nama di samping dinding warung itu, bertuliskan: “Sate kelinci, kupat tahu, soto ayam.”

Iya mbak. Sejak pertemuan keluarga, dibangun seperti ini. Habisnya susah nyari bahan bangunan kayak dulu. Pejabat-pejabat yang datang juga banyak yang menyayangkan. Kata mereka suasananya (bangunan lama, red) itu yang dicari,” kata menantu perempuan hitam manis itu.

Satu porsi sate kelinci yang terdiri dari 10 tusuk dihargai 35 ribu rupiah. Harga yang relatif murah. Manfaat dari daging kelinci yang dibuat sate itu salah satunya ialah meningkatkan HB darah. Kata menantu dari Pak Mun itu ada seorang pelanggan yang setiap selesai cuci darah langsung menuju ke warung itu untuk memesan sate supaya kandungan hemoglobin dalam darah meningkat. Selain itu, daging kelinci dipercaya bisa menjadi obat bagi pasangan suami-istri yang belum memiliki keturunan, sebab daging kelinci dapat menambah vitalitas bagi perempuan dan laki-laki.

Tags: sate kelinci bumbu kecap, harga sate kelinci, manfaat sate kelinci, usaha sate kelinci, cara menyembelih kelinci, sate kelinci halal atau haram

Sate kelinci menjadi kuliner langka di Indonesia.
Pak Mun, sate kelinci legendaris di Kebumen.
Translate »