Monday, May 10, 2021
Home > Dapur Puan > Bumbu > Si Hijau dan Si Putih Kapulaga

Si Hijau dan Si Putih Kapulaga

Si Hijau dan Si Putih Kapulaga

Kapulaga adalah bumbu wajib untuk masakan Indonesia. Tanaman yang berkeluarga dengan jahe (Zingiberaceae) ini memiliki 2 jenis yaitu kapulaga hijau dan putih.

Kapulaga hijau atau biasa disebut kapulaga seberang/kapulaga India bernama Latin Eletraria cardamomum. Ia berasal dari Asia Selatan, utamanya Bangladesh. Kapulaga jenis ini berbentuk lonjong dengan panjang 1 cm, bersisi 3, pipih, berwarna kehijauan, serta aroma yang tajam dan wangi.

Kapulaga putih dengan sebutan lain kapulaga Jawa memiliki nama ilmiah Amomum compactum. Bentuk buahnya seperti kacang Arab, berdiameter 1-1,5 cm, bergaris-garis rapat dan berambut pendek halus, bermahkota sisa perhiasan bunga, bijinya berwarna hitam, dan kulitnya putih kecokelatan. Kapulaga putih merupakan rempah asli Indonesia.

Perbedaan aroma yang tajam dari kapulaga hijau, membuat harganya lebih mahal dibandingkan kapulaga putih. Bumbu yang satu ini menjadi salai satu komoditas ekspor dengan harga yang tinggi di antara rempah lainnya.

Biarpun bijinya yang mungil, namun khasiatnya besar untuk mencegah pengeroposan tulang dan bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Selain itu, kapulaga digunakan dalam beberapa masakan, seperti: bistik, puding, semur, tongseng, aneka sop, aneka soto, gulai, kari, mi Aceh, asam padeh, empal gentong, gulab jamun, opor ayam, rendang, dan lainnya.

Facebook Comments

Comments are closed.