Thursday, March 28, 2024
Home > Gaya Hidup > Tips & Trik > Tips Menjaga Kebugaran Tubuh di Musim Hujan

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh di Musim Hujan

tips_hujan

Selama beberapa minggu terakhir hujan lebat disertai angin kencang seringkali terjadi. Pohon-pohon pun banyak bertumbangan dan merusak bangunan rumah warga. Bulan November memang diprediksi menjadi puncak musim hujan dan cuaca ekstrem. Dalam situasi seperti ini, biasanya kondisi daya tahan tubuh juga akan turun sehingga mudah terserang penyakit. Nah, untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap prima selama musim hujan, ada baiknya Sahabat Puan mencoba beberapa tips berikut:

Sedia payung atau jas hujan sebelum hujan

Memang ada benarnya “pepatah sedia payung sebelum hujan”. Payung memang bisa melindungi tubuh dari kucuran hujan, terutama jika Anda keluar rumah dengan berjalan kaki. Mulai sekarang Sahabat Puan perlu membiasakan diri berpergian dengan membawa payung. Benda ini sangat membantu memberi perlindungan bagi Anda sebelum mendapatkan tempat berteduh yang layak. Setiap akan keluar rumah biasakan menyelipkan payung kecil di dalam tas untuk mengantisipasi kehujanan selama dalam perjalanan.

Jangan telat makan

Pola makan juga perlu diperhatikan selama musim hujan. Jangan sering telat makan karena membuat tubuh mudah terserang penyakit dan masuk angin. Makanlah tepat waktu dan perbanyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C dan antioksidan.

Perbanyak makan buah

Selain makan teratur, Anda juga perlu memperbanyak mengonsumsi buah-buahan segar. Terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C dan memiliki antioksidan. Misalnya mengonsumsi buah naga, jeruk, delima, pepaya, pisang, dan buah-buahan kaya vitamin lainnya.

Minum air hangat

Setelah kehujanan biasakan minum air hangat. Selain bisa untuk menghangatkan badan, minum yang cukup juga sangat dianjurkan agar tubuh selalu terhidrasi. Minuman hangat bisa juga dicampur dengan beberapa sendok madu atau irisan jahe merah.

Mandi air hangat

Begitu sampai di rumah segeralah mandi dengan air hangat. Membilas tubuh dengan air hangat dapat mengembalikan kebugaran tubuh Anda yang menurun karena kehujanan. Biasakan mandi air hangat setiap mengalami kehujanan dan Anda akan merasakan manfaatnya.

Istirahat yang cukup

Selama musim hujan Anda jangan terlalu memporsir tubuh untuk bekerja. Istirahatlah ketika merasakan kondisi kesehatan tubuh sudah mulai menurun. Istirahat yang cukup hingga Anda merasa kembali bugar dan bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Translate »