Monday, May 10, 2021
Home > Dapur Puan > Kuliner > Nikmatnya Lontong Tuyuhan Rembang

Nikmatnya Lontong Tuyuhan Rembang

Nikmatnya Lontong Tuyuhan Rembang

Jika Sahabat Puan berkesempatan tugas ke luar kota  atau sekedar melewati kota Rembang untuk ke kota lain, tak ada salahnya mampir dan menjajal kulinernya. Kota Rembang berada di provinsi Jawa Tengah, kota tempat dimakamkannya pahlawan perempuan yang sangat tersohor, yaitu R.A. Kartini. Tidak hanya terkenal dengan pantai utaranya, kota ini juga terkenal dengan kulinernya yang menggoda.

Salah satu kuliner atau makanan khas di Rembang yg terkenal ialah lontong tuyuhan, tepatnya di Lasem. Berjarak sekitar dua puluh menit dari Kota Rembang, Sahabat Puan akan menjumpai kios-kios penjual lontong tuyuhan yg berjejer dan bisa jadi akan kebingungan memilih kios yang akan Sahabat Puan datangi karena semua menjual menu lontong tuyuhan.

Akan tetapi jangan khawatir, lontong tuyuhan ini rasa dan harganya cenderung sama. Jadi, pilih saja salah satu kiosnya! Tanpa menunggu lama sepiring lontong tuyuhan pun tersaji di meja. Komposisinya mirip dengan lontong sayur padang, hanya saja lontongnya dibalut daun pisang dan berbentuk segitiga. Kuah santannya pun tidak memiliki campuran sayur. Jadi hanya ada kuah santan, lontong, dan ayam kampung. Bagian ayamnya bebas dipilih. Harganya juga bervariasi berdasarkan bagian ayam yang dipilih.

Dengan uang sekitar Rp10 ribu s.d. Rp25 ribu saja, Sahabat Puan sudah bisa menikmati lezatnya lontong tuyuhan. Rasa nikmatnya lontong tuyuhan ini dibalut dengan suasana asri kios-kios yang dikelilingi persawahan dan perkebunan tebu.

Tak sulit mencari lokasi ini, Sahabat Puan bisa membuka aplikasi pencari lokasi atau bisa tanya di Pasar Lasem, karena tak jauh dari pasar Lasem yang berada dipinggir jalur pantai utara.

Facebook Comments