Wednesday, May 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Sehat Bugar > Sisi Positif dan Negatif Berhubungan Seks Saat Hamil bagi Kesehatan

Sisi Positif dan Negatif Berhubungan Seks Saat Hamil bagi Kesehatan

Kehamilan membuat ibu menjadi rentan kondisi kesehatan sehingga harus berhati-hati dalam mengambil tindakan bagi tubuhnya

Kehamilan membuat ibu menjadi rentan kondisi kesehatan sehingga harus berhati-hati dalam mengambil tindakan bagi tubuhnya, berhubungan seks salah satunya. Karenanya, ibu hamil tidak serta merta harus membiarkan suami berpuasa berhubungan seks selama proses kehamilan hingga melahirkan. Cobaan yang berat untuk suami tentunya. Namun, bukan berarti suami harus memaksakan hasrat seksnya tanpa melihat kondisi istri.

Perlu banyak komunikasi antara suami dan istri mengenai hubungan seks saat dalam proses kehamilan karena ada dampak positif dan negatif bagi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Suami dan istri perlu mempertimbangkan segi negatif berhubungan seks saat proses kehamilan jika terjadi hal-hal berikut:

1. Infeksi Saluran Kencing (ISK) bisa terjadi akibat sering melakukan hubungan seks saat proses kehamilan. Guna menghindari ISK, maka frekuensi berhubungan seks jangan lebih dari tiga kali dalam seminggu. Selain itu, sebelum dan setelah berhubungan seks, vagina dibersihkan dan juga mengosongkan kandung kemih sehingga dapat mengurangi kemungkinan infeksi. Jika sudah terjadi infeksi, segera temui dokter supaya tidak menyebabkan masalah dalam kehamilan.

2. Pendarahan berat dalam kehamilan. Jika mengalami hal tersebut, maka hentikan aktivitas seks untuk mengurangi resiko pendarahan lebih lanjut sehingga mengganggu janin dalam kandungan. Meskipun belum terbukti kuat bahwa aktivitas seks dapat mengakibatkan pendarahan lebih buruk, namun kebanyakan dokter menyarankan untuk menghindari aktivitas seks sebagai tindakan pencegahan.

3. Nyeri perut atau kram, cairan ketuban rusak atau pecah, memiliki riwayat kelemahan serviks, plasenta rendah, serta memiliki riwayat persalinan premature dan hamil kembar. Seperti pada pendarahan berat saat kehamilan, kondisi tersebut juga perlu diperhatikan dan usahakan berpuasa melakukan hubungan seks hingga proses melahirkan dan nifas usai.

Facebook Comments