Monday, May 10, 2021
Home > Literasi > Teknologi > Heboh Predator Anak, Ini Solusinya

Heboh Predator Anak, Ini Solusinya

Heboh Predator Anak, Ini Solusinya

Di zaman yang serba canggih ini, orang tua bisa mengontrol anak dengan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis dan bisa juga berlangganan. Aplikasi tersebut sangat membantu orang tua untuk mengecek anaknya sehingga kekhawatiran bisa berkurang.

Aplikasi ini juga bisa membuat kapok para predator karena mudah melacak keberadaan mereka jika orang tua si anak menggunakannya. Tidak usah membeli ponsel yang mahal untuk anak balita hingga anak SD, cukup ponsel terjangkau yang memiliki aplikasi pelacak tersebut. Selipkan di tempat yang aman, seperti di tas atau kalungkan di lehernya. Berikan pengertian kepada mereka supaya selalu membawa benda itu bersamanya.

Berikut aplikasi berbasis lokasi untuk memantau si buah hati:

1. Zenly Locator, aplikasi yang menyajikan layanan gratis di seluruh fiturnya. Orang tua bisa menggunakan aplikasi ini untuk melacak anak secara real time dan chatting dengan anak atau keluarga dengan pilihan emoji yang diberikan.

2. Famy, aplikasi buatan pengembang dari Korea, Spacosa, memiliki fitur yang cukup lengkap. Orang tua bisa mengetahui lokasi anak secara akurat, merekam dan menyimpan jejak lokasi yang telah dilalui anak. Aplikasi ini memiliki 4 pilihan mode untuk menandai lokasi anggota keluarga melalui peta. Layanan lainnya ialah dapat digunakan sebagai grup chatting dan mengirim pesan bahaya.

3. Life360-Family Locator, aplikasi buatan Life360, pengembang dari San Fransisco, menawarkan fitur pelacak lokasi bila perangkat pengguna hilang. Aplikasi ini dapat diunduh gratis, tetapi tersedia pula versi premium berlangganan yang bisa dibeli melalui in-app purchase. Fiturnya mirip dengan Famy, bedanya hanya pada setiap anggota yang didaftarkan akan digolongkan ke dalam Circle dan ditampilkan dalam Private Map sehingga lebih mudah memantau posisi ponsel sekaligus keberadaan orang dalam Circle.

4. Family Locator, aplikasi yang dibuat oleh Sygic, pengembang navigasi asal Amerika. Fitur aplikasi tersebut gratis, namun hanya selama 7 hari, setelah itu pengguna akan dikenakan biaya berlangganan. Fungsi fiturnya tidak berbeda jauh dengan 3 aplikasi sebelumnya. Perbedaannya terletak pada munculnya notifikasi atau pemberitahuan langsung lokasi anak kepada orang tua. Misalnya, akan ada notifikasi jika anak sudah sampai tempat tujuan.

5. Family Locator, Phone Tracker, aplikasi yang dibuat oleh iSharingSoft dari New York, Amerika Serikat. Kelebihan aplikasi ini terletak pada fitur Walkie Talkie yang disajikan secara gratis guna berbicara dengan anggota keluarga yang sudah didaftarkan.

6. Glympse-Share GPS Location with Friends and Family, aplikasi yang dibuat oleh pengembang dari Washington, Amerika Serikat. Cukup mudah bagi para pengguna BBM karena fitur pelacak menjadi bagian dari aplikasi tersebut. Gunanya seperti sosial media sehingga dapat mem-follow orang-orang terdekat. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, maka wajib menyalakan GPS untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut.

Nah, Sahabat Puan silakan memilih aplikasi yang sesuai untuk mengawasi buah hati supaya tidak menjadi mangsa sang predator anak. Tidak usah khawatir dengan harga berlangganan per-bulannya, karena mereka membandrol di bawah 100 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

Facebook Comments

Comments are closed.