Thursday, May 6, 2021
Home > Dapur Puan > Kuliner > 5 Macam Hidangan Khas Bali

5 Macam Hidangan Khas Bali

Tipat Blayag. Sejenis ketupat alias lontong yang dibungkus dengan janur.

Setelah melakukan pati geni selama 24 jam pada hari raya Nyepi, biasanya keluarga berkumpul bersama dan salah satu kegiatan yang dilakukan ialah memasak masakan favorit. Merayakan hari raya tanpa menyajikan menu terbaik membuat suasana terasa kurang lengkap. Bukan untuk bersenang-senang seperti memperoleh kemenangan setelah tapa brata, namun untuk menjadikan kehangatan bersama keluarga makin berarti.

Berikut masakan khas Bali yang bisa dibuat setelah merayakan hari raya Nyepi:

1. Entil

Jenis ketupat khas Bali ini dibungkus dengan daun nyelep. Entil disajikan bersama urapan khas Bali dengan berbagai jenis sayuran, seperti klongkang (kecipir), kecambah, bayam, atau kacang panjang. Lalu tambahkan sambal lombok goreng, taburan sambal kelapa, serta kuah santan kelapa berbumbu.

Entil. Jenis ketupat khas Bali ini dibungkus dengan daun nyelep.
Entil. Jenis ketupat khas Bali ini dibungkus dengan daun nyelep (foto: KSMTour.com).

2. Nasi Tepeng

Makanan khas Gianyar ini berupa nasi gurih yang disajikan dengan bakwan jagung, tahu kuning goreng, dan ikan jambal. Lalapannya terdiri dari daun kenikir, daun bayam, daun kemangi, dan potongan timun. Nasinya cukup lembek seperti bubur dan ada juga yang disajikan dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terung, daun kelor, dan kelapa parut. Lauknya bisa telur atau suwiran ayam goreng. Cara menyajikannya menggunakan daun pisang.

Nasi Tepeng. Makanan khas Gianyar ini berupa nasi gurih yang disajikan dengan bakwan jagung, tahu kuning goreng, dan ikan jambal
Nasi Tepeng. Makanan khas Gianyar ini berupa nasi gurih yang disajikan dengan bakwan jagung, tahu kuning goreng, dan ikan jambal (foto: perutgendut.com).

3. Tipat Blayag

Sejenis ketupat alias lontong yang dibungkus dengan janur. Blayag rasanya sangat khas serta tidak terlalu lembek. Blayag disajikan dengan telur, ayam suwir, lawar, sambal, kemudian disiram dengan kuah bersantan mirip kuah kari dan ditaburi dengan kedelai goreng. Tiga makanan di atas berbeda tipis, karena bahan dasarnya beras entah berupa bubur atau ketupat dan disajikan dengan lawar, sejenis urap khas Bali.

Facebook Comments