Friday, March 29, 2024
Home > Dapur Puan > Kuliner > Menikmati Olahan Ikan: Nyantai Nggak harus ke Pantai

Menikmati Olahan Ikan: Nyantai Nggak harus ke Pantai

olahan ikan

Berbicara mengenai seafood di Yogyakarta, saya akan merekomendasikan Sahabat Puanuntuk menikmati sajian seafood di pinggir Pantai Depok. Misalnya saja Bantul atau beberapa pantai yang tersebar di sepanjang pesisir selatan Kabupaten Wonosari. Bagi Sahabat Puan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mampir  dan menyicipi sajian seafood ke Warung Ikan Bakar Mang Ujang. Warung yang terdiri dari dua kios dan  tenda ini berada di kompleks terminal Condong Catur, Sleman, Yogyakarta.

Sebenarnya, terdapat banyak warung kios dan tenda di area terminal ini, hanya saja yang sering menjadi tujuan saya dan teman sekulineran, yakni  Warung Ikan Bakar Mang Ujang. Salah satu hal yang membuat saya dan teman-teman akhirnya memutuskan berlangganan di warung ini, karena pengunjung dapat memilih ikannya langsung di wadah yang sudah disediakan. Tidak hanya ikan laut saja, tetapi juga ada ikan tawar.

Meski di warung ini ada sop ikan, ikan asam manis, dan varian olahan lainnya, makanan favorit saya tetap ikan bakar. Selain ikan laut, ada juga cumi dan kerang. Sementara bagi pencinta sambal, ada beberapa pilihan sambal, yaitu sambal bawang, sambal mentah, sambal terasi, dan sambal dabu-dabu. Dari ketiga sambal yang ada, saya tertarik memesan sambal dabu-dabu dan beberapa potongan jeruk nipis guna menambah sensasi segarnya ikan bakar kerapu, yang dibakar langsung tanpa digoreng terlebih dahulu. Sementara untuk harga, ikan kerapu sedang yang saya pesan dibanderol seharga Rp19.000,00 saja, sedangkan ikan kakap kuning seharga Rp12.000,00. Lumayan murah bukan? Harga ikan ini memang tergantung ukuran dan jenis ikannya, mulai dari Rp10.000,00 – Rp40.000,00 saja.

Untuk varian menu lainnya, Sahabat Puan dapat memilih jenis oseng atau tumisan, seperti kangkung, terong, dan jamur. Tak ketinggalan olahan tempe dan tahu yang bisa dibakar atau digoreng. Kali ini yang saya rekomendasikan adalah oseng terong yang akan menggungah selera makan Sahabat Puan, ditambah lalapan timun, daun kemangi, dan rebusan daun singkong.

Agar tidak  perlu lama mengantre dengan pelanggan yang lain, saya merekomendasikan Sahabat Puan untuk datang sehabis magrib, yakni sekitar setelah pukul 18.00 WIB. Memang, jam operasional warung ini mulai dibuka dari pukul 18.00 s.d. 24.00 WIB. Ada juga loh tempat duduk lesehan untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman.  Jadi, Sahabat Puan mau makan malam di mana hari ini?

olahan ikan
olahan ikan
Translate »