Tuesday, April 23, 2024
Home > Gaya Hidup > Tips & Trik > Tips Memilih Pisang Barangan

Tips Memilih Pisang Barangan

Tips Memilih Pisang Barangan

Pisang barangan merupakan jenis pisang yang berasal dari Sumatera Utara dan dibudidayakan di daerah Padang Sidempuan, Samosir, Natal dan Tarutung. Pisang ini sejenis dengan pisang ambon dari segi tekstur daging dan bentuknya, namun sangat berbeda dari segi kulitnya.

Kulit pisang barangan berwarna kuning keemasan dan terkadang ada bercak-bercak cokelatnya. Nah, biasanya kaum perempuan, terutama ibu-ibu, tidak suka dengan bercak cokelat yang ada di kulit pisang, sebab membuat penampilan pisang tersebut kurang bagus. Padahal untuk pisang barangan ini, bercak cokelat tersebut menjadi pilihan yang bagus.
Berikut tips memilih pisang barangan supaya bisa menjadi santapan yang nikmat bagi keluarga:

  1. Pilihlah pisang barangan yang tua karena khasiatnya lebih terasa dibandingkan yang masih muda atau mengkal.
  2. Pilihlah pisang barangan yang dagingnya berwarna kuning keemasan karena rasanya lebih manis dibandingkan yang warnanya kuning keputihan.
  3. Pilihlah pisang barangan yang memiliki banyak bercak kecokelatan karena banyak mengandung zat TNF ialah Tumor Necrosis Factor yaitu zat yang memiliki kemampuan melawan sel-sel abnormal sehingga tubuh menjadi kebal terhadap beberapa jenis penyakit.
  4. Jika mendapatkan pisang barangan yang muda, lebih baik simpan dahulu sekitar 2 hari supaya matang dengan sempurna.

Sahabat Puan bisa mencoba tips memilih pisang barangan yang sangat mudah tersebut. Tentu saja itu juga menjadi salah satu cara mengetahui keaslian pisang barangan sehingga Sahabat Puan tidak tertipu oleh penjual. Selamat mencoba.

Translate »